Langsung ke konten utama

Berawal dari Training of Trainer Character Building Kemenpora

Pekanbaru, Rabu 19 Oktober 2011, pukul 12:30 WIB.

Begitulah kira-kita waktu setempat saat itu...
Hari itu, adalah hari dimana pertama kalinya aku menginjakkan kaki di Pekanbaru.
Pukul itu, adalah pukul dimana aku pertama kali mengenal sosok manusia yang bisa mengambil dua peran. Teman sekaligus kakak.

“Assalamu’alaikum, Rahma.” Sambil cipika-cipiki kuperkenalkan diriku pada delegasi yang baru saja tiba di hotel itu.
“Wa’alaikumsalam, Nurbaiti dari Palembang” Akhwat tersebut menyahut.
Batinku juga ikut ngobrol “Anak Palembang  tinggi-tinggi juga ya” :D
“Laily” jawab akhwat yang di sebelah kanan mba Baiti.
“Rahma” jawabku.
“Mirip ya”  mba Baiti menimpali.
“Apanya yang mirip ukh? Namanya? Siapa nama anti, Laily Rahmawati ya?” Kubertanya penuh selidik.
“Enggak ah, hehehhe” sambil tertawa ringan mba Laily tersebut menyahut.

Akupun berlalu dari rombongan tersebut, karena luaperrr suangat, gak dikasih makan panitia :'(
Sambil jalan (diluar hotel nih ceritenye) aku menerka-nerka maksud kata-kata mba Baiti tadi. “Apanya yang mirip ya? Perasaan gak ada yang mirip, hmm mungkin kurus, tinggi dan hitamnya kali.” Pikirku cak itu :'D (Padahal aku gak hitam-hitam amat).

Beberapa jam berlalu aku tak melihat “dia” lagi, hanya mba Baiti yang terlihat, itupun karena beliau duduk di sampingku.
Yah, hari pertama itu aku sudah mulai akrab dengan mba Baiti (yang ternyata nantinya jadi temen sekamarku). Ketika malam tiba, aku melihat sosok itu lagi, “dia” duduk di samping mba Baiti, sementara aku disamping kiri mba baiti. Mereka ngobrol, tapi aku gak ngerti (waktu itu aku belum tahu dan bisa bahasa Palembang). Yang ku tahu mba Baiti bilang ngantuk padaku “mba suka ngantuk kalo diam2 gini, dek.”
“Oh” jawabku sambil memijat-mijat tangan  si mba agar kantuknya hilang (ilmu dari kelas KHT nih).
Ku lihat temannya mba Baiti memberikan Vit C (waktu itu aye lupa siapa namanya :D ).
Kebetulan kita dikasih materi HI oleh Pak Basuki AR. Itu tuh ada sesi muhasabahnya, semuanya pada nangis, tak ketinggalan aku juga ikut nangis,,, hehehe
Tapi…. Kulihat “dia” tak mengeluarkan air mata setetespun! “hebat’’ pikirku (dan nantinya aku tau juga alasan kenapa “dia” gak nangis).
Sejak malam itu, aku tak pernah  berpapasan dengannya lagi… Hingga sampailah pada tanggal 25 Oktober, aku ketemu lagi dengan “dia” di halaman Museum Sang Nila Utama Pekanbaru. Waktu itu sih aku biasa-biasa saja, gak terlalu dekat-dekat amat dengan “dia”, gak seperti peserta lainnya. Kita poto-poto bareng di patung Singa. Aku ikut potoan karena ada mba Baiti (dan baru kusadari, ternyata kakiku jalan sana jalan sini, lasak kata orang Medan, jangan2 aku pulalah peserta paling “lasak” hehe). Tapi setelah poto-poto aku tak melihat dia lagi.

Aku lupa itu tanggal berapa, yang ku ingat  pematerinya adalah Pak Arif (yang pastinya sebelum tanggal 25 deh kayanya). Malam itu aku lagi becanda ria bareng delegasi Bengkulu dan Aceh. Saat itu belum pada banyak peserta yang ngumpul (emang kebiasaanku sama Kak Fitri dkk kalo belum pada ngumpul dan pemateri belum masuk aula suka becanda ria dengan delegasi Bengkulu dan Aceh. Maklum, aku akrabnya sama mereka :) )
Pas lagi ketawa-ketiwi, gak sengaja mataku tertuju pada “nya” (aku masih belum ingat siapa namanya) “dia” ikut tertawa bareng kami. Aku gak tahu apakah tuh anak emang ikut dalam pembicaraan atau tuh anak nguping pembicaraan kami :P
Yang pastinya ku lihat tawanya lepas!(kaya orang yg gk pernah ketawa selama bertahun-tahun,,, heol daebak!).
Pak Arif datang, eh “dia” duduk di sampingku (sampai dia duduk disampingku pun aku masih belum ingat siapa namanya, dan akhirnya berkenalan kembali, ternyata namanya LAILY). Waktu itu Pak Arif ngasih game “angka” (dan sampai sekarang game ini masih lumayan sering ku mainkan ma dia, walau hanya lewat pesan singkat).
Entah ngobrolin apa, sampe2 aku gak tahu tata cara mainin tuh game, gamenya berpasang2an, en pasanganku adalah dia, si Lailut. :p
Karena sama2 gak tau binti gak mengerti, jadilah kami hitung-hitungan, hahaha parah dah.! Kami tertawa bareng ketika tau gamenya salah tata cara main. Ntah mengapa senang rasanya bisa bikin kakak tertawa….

Sejak malam itu aku jadi sering liat kakak, hehe. Apalagi di saat latihan inagurasi di lantai III sebelahnya kamarku… Eh ternyata kamar kakak disebelah kamarku (ternyata kita tetanggaan, aku tau siapa aj yg didalam kamar itu, tapi aku gk tau kalo kakak juga di ditu :) )
Pas latihan nortor ma kawan2, eh kakak malah ikut nortor,  mirip banget ma si gale-gale. Aku kira kakak berdarah batak campur India hehehe… :p
Di situlah aku dan kamu jadi agak akrab :p, sampai keesokan harinya, hari dimana kita semua akan dipulangkan ke negri masing2… Kita jadi tambah deket, poto-poto bareng dikamar 217 sampe di gerbang hotel. Di depan hotel kite tuker2an nomor yoh, ngobrol panjang lebar dan aku baru tau kalo kakak udah tua ( abis imut2 sih, gk nyangka kalo umurnya udh hampir seperempat abad) :D

Di bandara nih ceritanya, Pesawat tujuan Palembang segera lepas landas (waktu itu aku lagi sholat, aku sengaja sholat duluan biar bisa liat kakak lagi :D ) ehhh begitu aku selesai sholat, ku lihat dirimu sudah tak ada lagi di situ… kata kak Nanda udah terbang. Yah sedikit kecewa, aku hanya menatap kosong ke pesawat lain. (sedih tu kak :'(
Pas tanggal 27 Oktober ku lihat dirimu onlen . Nah, hatiku seneng hee. Mulai  dari sms penting sampe sms gak penting. Hari-hari berlalu, entah berapa ratus sms yg udah ku trima dari kk ;). Berbeda dengan peserta lainya, kita tetep jaga komunikasi e… hihihi
Kakak bilang bulan Desember mau maen ke Medan. Wah, saat itu hatiku seneng bukan main :D *geplak, jangan ge-er lu!
Blab la bla, sampe akhirnya kk sms Rahma bilang kalo kakak gk jadi ke Medan. Aku kecewa + gondok. Tapi gak lama gondoknya, coz aku udah bikin jadwal liburan di kampung halaman tercinta :).
Eh tiba2 kk sms lagi bilang kalo kk jadi ke Medan, papa udh ngijinin (dasar plin plan! ;p). Akunya sih udah biasa aja gak terlalu berharap lagi, sibuk2 sendiri disini sampe2 aku lupa ma hari wisuda kk, hehehe…  afwan :p

Ternyata beneran kk ke Medan, tanggal 24 Desember mulai ngebolang. Aku gak ada nyiapin apa2, kosan juga udh rapi, akunya juga memang udh imut :P
Apa yang kurasakan waktu itu??? Khawatir,,, tir tir.. takut kakak kenapa2 di jalan.
Tapi syukurlah kk slamat smpe tujuan… Niatnya pengen ngerjain kk, tapi,, uhhh GATOT, :'P

Ini kali kedua kita jumpa, tanggal 26 Desember tuh di simpang Kp. Pon. Entah siapa yang sial saat itu, motorku tiba-tiba mogok. Karena kk baik hati,  jadilah kk yang ngedorong tuh motor (padahal baru nyampe juga yak :D en baru pertama kali juga yak nginjakkin kaki di sumut :p). Mulai dari mogoknya motor sampe robeknya rokku,, hingga sampailah dirimu ke kosanku yang lumayan nyaman bagiku heee :D

Disini aku gak ceritain yang riyadhoh ya kak, (kalo kk berminat, bikin di versi kk aj) Rahma males, soalnya aku paling takut sama yg namanya anjing, dan bener-bener waktu itu jantungku sakit,, hadeehhhh -,-” mau nangis rasanya, tapi malu ^-^
Langsung aj yang ke pantai, biar menghemat spasi :D
Aku ingatnya kita sibuk nyari carteran motor(ingat motor, jadi ingat kehebohan kakak sewaktu Rahmah bonceng ma Siti :D)
Dan akhirnya dapat jua lah motor yg bisa dibawa ke patai.. meskipun motornya kek gitu ya,,, sssttt gak usah di sebutin yaw ^^…. Susah boncengin kakak, matanya harus lurus ke depan terus, gak boleh clingak clinguk, huh -,-. Rahma lupa kita ngapain aj di pantai tuh, ngorek pasir nyari kepiting sampe nyentuh ubur-ubur,,, ihhhhh geli..
Pulang-pulang dari pantai bawakeranng, duren, en manggis trus makan mi rebus (yang mirip mi celor owh)…

Kaka ingat gk kita pigi ke Toba pake bus apa?(pasti lah lupo)
Yang ternyata kernetnya masih mengenalku, masih mengingat wajahku yang imut-imut… ckckck (gak nyangka Rahma, masih di ingat :p )Karena si kernet kenal ma Rahma, jadilah ongkos kita bisa di diskon (orang-orang sih banyak yg gak percaya kalo ongkosnya segitu, coz terlalu murah, tapi is ok Allah memudahkan perjalanan kita :) Rahma rasa wajar lah murah,    secara getoh, berdiri di bus! Mau copot kakiku!! Sesampainya di Toba, eh kita bukannya sholat dulu, malah ngacir ke fesbud danau toba, kacau ya kak ya.. en beruntunlah kita coz bisa keliling danau gratis, (jarang-jarang lho gratisan keliling danau, masuk tipi lagi :D)
Terus terang Rahma kurang menikmatikeliling Tobanya kak, karena Rahma blum sholat ditambah lagi penginapan belm ketemu. Seharian keliling2 sampe maghrib. Sms ku juga tak berbalas dari ikhwah yang rencananya di situ kita nginep.
Beruntunglah ada Pak Ponidi, nazir mesjid yang baik hati tersebut mengijinkan kita bermalam dikamar imut bawah tangga, (apa kabarnya Pak Ponidi ya :’) ). Setelah dapat penginapan, barulah aku lega… en bisa menikmati Toba.. hehe. Ditemani martabak jagung, disantap berdua ditepian danau disaksikan bulan dan bintang (kebanyakan “di” nih kayanya),, romantis yak, hehehe.
Padahal aku gak suka ma jagung kak, Tapi, entah kenapa aku mau aja tuh makan jagung (mungkin karna sayang kali ya :D) kaka tau gak apa yg terjadi setelah jagung itu ku telan??? Rasanya mau muntah, neeeggg, tapi harus ditahan gak boleh terlihat oleh kakak. 
Makanya pas kakak suruh makan martabak lagi, Rahma gak mau, alesannya udah kenyang, padahal masih laper :D (malam itu adlh kedua kalinya Rahma makan jagung, setelah bertahun-tahun gk makan jagung :’) ).
Dikamar kecil nan dingin itu aku gak bisa tidur nyenyak. Hidung ku mampet, coz emang gak tahan ma udara dingin. Serba salah malam itu, udaranya nusuk ketulang, hidung gk berfungsi sama sekali, :’(
Kakak juga gk bisa tidurkan? Hehehe.. Karena liat Rahma yg grasak grusuk akhirnya kakak bilang “sini tangannya kakak genggam, biar lebih anget” (cak itu yo kira2?) hehehe,,,, L E B A Y…. Tapi akhirnya bisa tidur juga J.
Pagi-pagi kita udh kluar dari persembunyian, keliling2 kota Parapat. Ngobrolin segala macam. Mulai dari A sampe Z, hingga sampelah ke Tomok (oh ya mana poto kita berdua yang di kapal kak? Kok gak dikirim?). Liat ini liat itu, beli ini beli itu,, sampe2 ikan asin pun di beli,,, haduuuhhhhh dasar belut! :p

Oh ya kak, kira-kira surat cinta kita dibaca ma Pak Ponidi gak ya?? :D
Sepanjang perjalanan pulang aye ngantuk luar biasa, dan begitu bangun, ternyata Rahma tidur di pangkuan kakak ya J makasih ya kak…
Kakak tidur gak waktu itu???
Rahma kira kakak gk pinter masak, eh ternyata bisa, masak bakwan “pemalas” ya, hahaha… yang bumbunya Rahma kasih cabe, hihi enak bakwannya (rindu ma bakwan tu :’( )
Masih ingat dengan arang? Hee yang Rahma polesin ke wajah kakak. Tau gak seneng banget waktu itu, aku gak pernah tertawa selepas/segirang itu sebelumnya. Hmm rindu ma kakak :'( nangis nih…
Singkat pengalaman, akhirnya kita sampai ke Bukit Lawang, bareng kak Juni tentunya… lagi lagi harus nginep di mesjid hehe treveler gak punya modal :D. (hmm apa kabar ya Pak Ramlan itu, nazir yg baik hati juga…)
Di bukit Lawangpun kakak selalu jadi korban kejailan kite2 :p
Kaka nyebutin otan kan haha A*U OR*N* H*T*N TER***IR :P coba baco lagi kak. Polos sih! Semua kita jelajahi,, sampe celah2 bukit lawang pun dimasuki, en akhirnya kita pulang jalan kaki dari Hotel Baitullah ke terminal :D hadeehhh.
Di bus banyak yang lucu2, mulai dari ibu-ibu yang niupin terompet (taon baru tuh) sampe
Anak kecil yang tidur di pangkuanku. Pegel juga sieehhh…  Sampe2 aku yang bingung sendiri mau tidur harus gimana, dan akhirnya kakak ngerangkul dari samping en nyuruh tidur di pelukan kakak :) (cuma ada 2 orang yang meluk aku kalo di bus, emakku dan dirimu) nyaman sih, hehehe. Aman gitu, tak perlu khawatir  :D . Thanks ya kak, padahal kan kakak paling gak bisa melek kalo di bus. Thanks udah memberikan kenyamanan di bus itu  *T E R H A R U…
Dan maaf udah jailin kakak sewaktu di bus (kakak tidur, ku potoin) :D
Panjang kalo diterusin, jadi di pendekin aja… cutttttttttttttttttttttttttttttttttttttttt

Sampe juga di kosan nya kak Juni. Jalan ke Istana Maimun, Mesjid Raya en ke CF… Aku masih ingat kejadian lucu di CF, mau makan enak tapi yang murah, ehhh ternyata malah mahal. Untung kakak punya jurus tipu2… wkwkwk… kak Laily kak Laily…
Nikmatin kota Medam di malam hari, engkau bonceng akukan, was was saye di boncengin ma kakak…
Tapi tetep aj kakak slalu ku jailin, polesan salak busuk mendarat di wajah kakak (afwan ya kak  ) aku tau kakk marah banget tuh, sampe2 terjadilah pertarungan siamang vs beruk. Gelar yang baru didapat sepulang dari Bukit Lawang :D. Walaupun begitu kakak tetep tidur di samping ku kahn,,, ckckck karena gk ad tempat lagi :p
Rahma gak certain tragedi jatuh dari motor yoh, malu -,-”.

Langsung aja sore hari dimana kakak kembali pulang ke Palembang. Raut cemas terlihat di wajahmu saat detik-detik pukul enam :D lucu bangettt liatny..
Mm tapi kakak nyebelin, masa gak meluk kita2… Padahal ntah kapan2 tuh bisa ketemu lagi…
Sedih ketika kakak ngelambaian tangan dari jendela bus, aku pengen nangisss,,,, tapi maluuuu….. setelah di dalm angkotlah aku sdikit netesin air mata :’( (maklum dalam angkot gelap, jadi berani nangis) tapi tetep smsan ma kakak.
Ini sms yang sedikit menyebalkan, tanpa edit yoh.. “Aslm.. Juni, Rahma.. Makasih banyak y utk semuanya.. Insya Allah kelak qt ketemu lg y. Maaf td trburu2, jd g seru perpisahan qt.. :’( . smg Allah membalas kebaikan kalian..”
Kan kakak lamanya ma Rahma, masa nama kak Juni dulu yg disebutin hehehe jealous ceritenye,,, *gubrak dah!
Sampe rumah Rahma langsung tidur, lelah mencari tanda2 kehidupan, tapi menyenangkan. gk sdar lagi ada sms masuk dari kakak en esok paginya baru sempet baco…
Gini isinya, tanpa edit juga tertanggal 03-01-2012, pk 22:01
Met tinggal kampung pon…
makasih y dek... kk sayang Rahma. Makan yang banyak y.. :)”
Agak lucu, sms yg ini, itu pertama kali kk mangil saye “dek” wkwk.. pake bilangin banyak makan pula tuh, emangnya aye kucing apo :(
Mm semoga ukhuwah ini tetap terjaga ya kak,,, oh ya 1 lagi, kakk gk cocok pake jilbab segi empat, cak mak2 beranak 5 :p hahaha… *kabuuuuuuuuuuurrrrrrrr
Rahma juga sayang ma kakak :)
Udah ya kak. Segini aja. Jangan paksa adikmu ini untuk mendeskripsikan kisah kita yang "terlalu indah" itu. Sungguh cerita ini fiktif belaka. hahaha


Perlahan mentari beranjak meninggalkan siang...
Sang awan pun turut membantu menghilangkan jejak sang mentari...
Di sudut senja kulihat bias jingga..
perlahan menyeruak membelah langit senja...
Satu persatu warna hadir mengiringi perpisahan mentari dengan siang...
Biru...
Jingga...
dan orenye...
Semua warna itu hasil dari perpisahan sang mentari sore ini...
Sungguh cantik, kawan!
Inilah sebuah perpisahan yang mengesankan... :)
::Balcony, Januari2012::

Komentar